OLDBOY

OLDBOY
LOGO

Jumat, 13 April 2012

Cara Paling Praktis Mengurangi Kebiasaan Merokok



Mengurangi kebiasaan merokok merupakan suatu awal yang baik untuk menuju hidup yang lebih sehat. Tetapi menghentikan kebiasaan merokok tidak semudah memulai kebiasaan tersebut. Berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kebiasaan tersebut dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Bahkan banyak yang telah mencoba, kemudian gagal dan menjadi frustrasi karenanya. Maka dibutuhkan cara praktis yang efektif membantu perokok mengurangi kebiasaan tersebut.
Berikut merupakan cara paling praktis mengurangi kebiasaan merokok:
  • Mengubah pendapat Anda bahwa merokok bukanlah kecanduan, melainkan suatu kebiasaan. Sehingga dengan mengubah pola pikir, secara tidak langsung Anda mengurangi keinginan untuk merokok. Cara praktis mengubah pola pikir selanjutnya adalah membuat daftar tujuan mengurangi merokok. Kemudian membandingkan dengan daftar kerugian jika Anda meneruskan kebiasaan merokok.
  • Meyakinkan diri sendiri bahwa sulit tidur, kegelisahan, stres dapat diselesaikan tanpa merokok atau zat adiktif yang lain. Mencoba mengingat kembali segala permasalahan yang pernah terjadi, kemudian mencari korelasi dengan merokok, dan membuat suatu kesimpulan seperti merokok tidak dapat menyelesaikan suatu masalah. Sehingga Anda dengan bijak sana mampu mengatasi masalah atau stres tanpa harus melampiaskan pada kegiatan merokok.
  • Langkah termudah adalah mengurangi rokok yang dikonsumsi setiap harinya. Misalnya dalam satu hari selalu menghabiskan satu bungkus rokok, kini mencoba mengendalikan diri dengan mengurangi porsi rokok menjadi enam batang rokok setiap harinya. Pada minggu-minggu berikutnya mencoba mengurangi kembali porsi merokok, hingga tidak ingin merokok lagi.
  • Menghindari lingkungan pergaulan yang sebagian besar adalah perokok berat. Sebab bergabung dengan perokok, Anda semakin sulit dan semakin tergoda untuk melakukan tindakan tersebut.
  • Cara praktis lainnya adalah dengan membuat suatu target yang benar-benar Anda inginkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan lebih hemat untuk memperoleh benda yang diinginkan tersebut. Misalnya memotivasi diri dengan ingin memiliki iPad keluaran terbaru, sehingga Anda harus berhemat segalanya termasuk mengurangi rokok yang dikonsumsi.
  • Mengalihkan perhatian ketika ingin merokok. Misalnya dengan aktif di kegiatan kampus atau aktif berolah raga, dan lain sebagainya. Dan menghindari segala sajian yang selalu melengkapi kebiasaan merokok, seperti mengkonsumsi kopi, minuman keras, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar